Sabtu, 05 November 2016

Indonesia Gastrofest Siap Manjakan Pecinta Kuliner Nusantara

"Indonesia Gastrofest Siap Manjakan Pecinta Kuliner Nusantara Indonesia dijuluki sebagai negeri kaya rasa yang mempunyai keberagaman seni memproses makanan. Kearifan lokal ini dikira sebagai satu warisan budaya yang perlu dihidupkan dengan cara turun-temurun.

Hingga memberikan inspirasi Indonesia Gastronomy Association (IGA) untuk mengadakan satu acara yang menghadirkan ciri-ciri masakan nusantara secara detail. Sepanjang tiga hari, Indonesia Gastrofest 2017 bakal diadakan pada 21-23 Juli 2017 di ICE BSD City, Tangerang Banten.

" Acara ini bakal jadi diplomasi budaya Indonesia di mata dunia dan internalisasi budaya-budaya daerah, " ungkap Dewan Pendiri IGA, Guruh Soekarno Putra dalam jumpa pers di lokasi Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Oktober 2016.

Diluar itu, acara yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini bakal jadi arena penghargaan untuk mengurai cerita budaya masakan daerah, kekayaan bumbu lokal, tehnik pemrosesan yang detail serta berkelas sampai pada akhirnya satu menu tradisional bisa tersaji di ranah internasional.

Sedang untuk kuliner yang bakal ditonjolkan dalam even itu diantaranya Ikan Dole dari Sulawesi Tenggara, Udang Rambut Betara dari Jambi serta makanan khas orang-orang Kalimantan Barat, Bubur Pedas.

" Ikan Dole adalah sajian khas orang-orang Buton yang di buat berbahan basic ikan tenggiri, dibalut dengan santan lantas digoreng, " jelas Associate Director PT Dyandra Promosindo, Michael Bayu A Sumarijanto.

Lalu Udang Rambut Batara, adalah sajian lokal dari Kabupaten Batanghari. Sedang Bubur Pedas mempunyai penampilan yang serupa dengan Bubur Manado. Bubur yang dimasak dengan kombinasi sayuran, bertabur teri goreng serta kacang tetapi mempunyai rasa rempah yang lebih kuat.

Ditambah dengan sedikit sambal, taburan kelapa sangrai dan perasan jeruk limau untuk memberi kesedapan rasa-rasanya.

Tidak cuma tiga makanan itu saja, keterlibatan semua orang-orang Indonesia bakal digandeng segera oleh pemerintah daerah semasing. Orang-orang dari semua daerah bakal di ajak untuk menghadirkan bermacam menu resep semasing. Terutama beberapa makanan yang belum di kenal dengan cara nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar